Rabu, 19 Februari 2014

Barcelona Taklukkan City Dua Gol Tanpa Balas



Sebelum laga dimulai Manchester City digembar-gemborkan memiliki keyakinan tinggi untuk mengalahkan Barcelona. Namun, kenyataan yang ada jelas akan menyakitkan kubu The Citizen. Tak dinyana, Barcelona mampu menggulung City dengan skor 2-0, di Etihad, Selasa (18/2) waktu setempat.
Kekalahan tersebut jelas menjadi hantaman telak untuk City. Bermain di kandang sendiri, tim besutan Manuel Pellegrini itu malah seperti kesulitan mengembangkan permainan. Di babak pertama sebenarnya City cukup mendominasi serangan.
Pada awal laga pelatih City, Manuel Pellegrini memilih Alvaro Negredo untuk bertarung di depan sendirian, dengan bantuan dari lini belakang, yang bakal diisi oleh David Silva. Sementara, Barca membangku cadangkan Neymar, untuk membiarkan Andres Iniesta menemani Alexia Sanchez dan Lionel Messi di depan.
Barca menunjukkan ketangguhan pertahanannya dan kerap melakukan serangan balik.. Pada menit ke-17, David Silva membuka peluang untuk tuan rumah. Namun tembakannya masih bisa ditepis oleh Victor Valdes.
Tak lama kemudian Alvaro Negredo yang membuka kesempatan, namun tembakannya belum menemui sasaran. Martin Demichelis juga sempat membahayakan gawang Barcelona dengan sundulannya, namun Valdes masih bisa menjinakkannya.
Baru di menit ke-32, Barcelona sempat mengancam gawang lawan, lewat tembakan jarak jauh Xavi Hernandes dari luar kotak penalti yang masih bisa diselamatkan oleh Joe Hart. Lionel Messi juga nyaris membuat gol setelah tembakannya dari luar kotak penalti masih bisa di blok Hart.
Semenit menjelang pertandingan babak pertama bubar, Negredo kembali mendapatkan peluang. Lagi-lagi memanfaatkan crossing dari Jesus Navas dari sayap kanan, sayang sundulannya masih melenceng ke kanan gawang Valdes. Peluang dari Negredo menutup babak pertama yang berakhir tanpa gol.

Di babak kedua, Barcelona menjadi lebih sering mengepung pertahanan Manchester Biru. Hasilnya Martin Demichelis melanggar Lionel Messi di kotak terlarang dengan tekel keras yang menjurus kasar.
Selain menunjuk titik putih, wasit pun memberikan kartu merah untuk Demichelis. Messi yang menjadi eksekutor sukses melakukan tugasnya dengan baik di menit ke-54. Bermain dengan 10 pemain semakin sulit bagi The Citizen mengimbangi permainan Barcelona yang mengalir dengan cepat.

Merespons keadaan, Pellegrini langsung melakukan dua pergantian pemain. Di mana Jesus Navas dan Aleksandar Kolarov ditarik keluar untuk menggantikan Jeleon Lescott dan Samir Nasri pada menit ke-58.

Meski bermain dengan 10 pemain, namun dengan masuknya Nasri, permainan City lebih berani untuk melepaskan tekanan Barca. Alhasil pada menit ke-62, Nasri mampu memberikan ancaman, meski tendangannya masih bisa diblok Pique.
Kesempatan bagus didapat oleh Dani Alves, ketika pertandingan memasuki menit ke-68. Pemain internasional Brasil itu mampu menusuk ke jantung pertahanan tuan rumah, sayang sepakannya masih menyamping di sisi kanan gawang Hart.

City mendapatkan peluang emas untuk menyamakan skor, melalui kerja sama apik Zabaleta-Silva. Akan tetapi tendangan kaki kanan yang dilesakkan oleh Silva, hanya jatuh ke pelukan Valdes. Skor 1-0, masih untuk keunggulan Barca menit ke-77.
Akhirnya di menit kle-90, Azulgrana semakin memperlebar jarak keunggulan mereka. Mendapat sodoran dari Neymar, Dani Alves langsung mengoyak pertajahanan City dan berhasil menjebol gawang lawan dari sudut sempit, meski saat itu Hart sudah masuk untuk memperkecil ruang tembak Alves. Barca ungguk 2-0.
Tak ayal kemenangan ini membuat satu kaki Barcelona ke babak perempat final Liga Champion. Sedangkan untuk City hasil ini akan semakin menyulitkan mereka bertahan lebih lama di kompetisi antaraklub Eropa ini, pasalnya leg II akan diselenggarakan di Camp Nou, tempat yang kerap menyulitkan lawan-lawan Barca.
 

 

*Sumber :  http://macanbola.com/berita/uefa/read/2014/02/19/25127/liga-champions-barcelona-taklukan-man-city-dua-gol-tanpa-balas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar