Kamis, 27 Februari 2014

Krisis Moral Para Pelajar

Pada zaman era globalisasi saat ini semua serba canggih. Mulai dari cara hidup, teknologi, juga pola cara berfikir. Banyak yang menyebabkan kehidupan di muka bumi berubah seiring dengan perkembangan zaman. Tidak semua perubahan menuju arah positif, dan tidak selama nya juga perkembangan zaman selalu ke arah negatif. Semua yang terjadi melalui perkembangan zaman akan positif tergantung bagaimana seseorang itu menyikapi perubahan tersebut.

Melalui tulisan ini saya ingin sedikit bercerita dan berbagi informasi kepada segenap pembaca terutama kaum pelajar untuk dapat di sadari pada zaman serba canggih seperti ini. Krisis moral pun mulai terjadi. Entah apa penyebab yang mendasar??? 7 dari 10 jawaban tidak dapat mengungkuri hal tersebut di dasari oleh berubah nya zaman. Krisis moral pelajar sering terjadi salah satunya, di tempat yang tidak asing bagi mereka "SEKOLAH" .

Perilaku para pelajar sekarang sangatlah miris. Tak pandang usia,baik pria maupun wanita terkadang mereka juga tidak bisa mengontrol emosi jiwa mereka yang sedang labil labil nya. Kurang Hormat nya terhadap guru,acuh tak acuh terhadap teman,tidak disiplin, tidak menghargai orang lain, adalah beberapa dari banyak contoh krisis nya sikap moral para pelajar zaman sekarang. Pola fikir mereka juga mempengaruhi tingkah laku dan moralnya.


Krisis moral ini sangat lah tidak baik, dan akan berdampak negatif terhadap para pelajar itu sendiri. Bagaimana tidak???! Krisis moral seperti ini hanya akan membawa mereka ke jurang yang salah. Sebenarnya para pelajar bisa mengatasi dirinya sendiri agar bisa menjadi seorang yang berenergi positif.

Namun demikian selain peran guru di sekolah yang telah memberi ajaran, peran utama orang tua akan menjadi pondasi utama bagaimana membuat karakter anak tersebut menjadi baik. Kerja sama dan kedekatan antara orangtua dan anak sangat di butuhkan dalam jalur pendidikan karakter moral pada anak

*Sumber : Nadya Wilanda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar